Best Practice Menggunakan Metode Star

09 Desember 2022 0 komentar

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)
Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak)
Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Presentasi Interaktif
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran


Lokasi

Wirosari, Kab. Grobogan, Jawa Tengah

Lingkup Pendidikan

SMK Negeri 1 Wirosari

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Presentasi Interaktif

Penulis

I Made Divya Biantara, S.Pd.

Tanggal

7 Desember 2022

Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

Latar belakang masalah yang dihadapi saat ini adalah :

1.    Rendahnya motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan siswa asyik sendiri saat kegiatan pembelajaran, siswa lebih sering tiduran di dalam kelas dan juga tidak adanya komunikasi 2 arah antara guru dan siswa 

2.   Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang inovatif dan masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu ceramah.

3.   Media ajar, dan bahan ajar yang tidak tersedia dengan baik.

 

Praktik ini penting untuk dibagikan karena :

1.   Dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik

2.   Dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik

3.   Peserta didik akan lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dikarenakan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning

4.   Guru tidak perlu lagi melakukan ceramah dari awal hingga akhir kegiatan pembelajaran

5.   Pembelajaran lebih berfokus pada aktivitas peserta didik (Student Center Learning)

 

Peran dan tanggung jawab sebagai guru adalah :

1.   Membuat perangkat pembelajaran berupa RPP, bahan ajar, media ajar, LKPD, instrumen penilaian

2.   Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat pembelajaran.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

Tantangan yang dihadapi saat ini adalah

1.   Guru harus terbiasa dengan model pembelajaran inovatif yaitu Problem Based Learning ataupun Project Based Learning.

2.   Peserta didik masih belum bisa mengontrol penggunaan smartphone dalam proses pembelajaran di dalam kelas.

3.   Kebutuhan peralatan praktikum yang masih terbatas dalam kegiatan pembelajaran.

4.   Masih kurangnya waktu dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif untuk kegiatan pembelajaran.

Pihak yang terlibat adalah seluruh civitas akademika di SMK Negeri 1 Wirosari meliputi (Guru, rekan kerja, peserta didik, orang tua peserta didik)

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

Langkah untuk menghadapi tantangan tersebut adalah :

1.   Melakukan koordinasi dengan rekan sejawat, kepala sekolah,  dan beberapa pakar yang ahli dalam bidang tersebut.

2.   Merumuskan solusi tersebut bersama dengan pihak yang terkait

3.   Melakukan pemecahan masalah melalui kegiatan PPL pada Siklus I – IV

4.   Menggunakan media ajar yang lebih inovatif untuk kegiatan pembelajaran berupa presentasi yang interaktif dan video tutorial.

 

Strategi yang digunakan adalah :

Guru senantiasa memanfaatkan waktu yang ada disekolah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran bersama dengan guru-guru yang lain (MGMP) sehingga pengembangan perangkat pembelajaran akan lebih cepat selesai dan dapat digunakan bersama-sama.

 

Sumber daya atau materi yang diperlukan dalam melaksanakan strategi ini adalah :

1.   Model pembelajaran

2.   Bahan Ajar

3.   Media Ajar

4.   LKPD

5.   Instrumen Penilaian

6.   Alat dan Bahan Praktikum

7.   Sumber Belajar

 

Pihak yang terlibat dalam melaksanakan strategi ini adalah :

1.   Guru

2.   Peserta Didik

3.   Rekan Kerja 

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

Dampak dari aksi tersebut adalah :

1.   Meningkatnya motivasi belajar peserta didik

2.   Meningkatnya hasil belajar peserta didik

3.   Keaktifan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam kelas.

 

Hasil yang didapatkan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning sangat efektif.

 

Yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan adalah :

1.   Cara mengajar guru, dan model pembelajaran yang digunakan berupa Problem Based Learning / Project Based Learning

2.   Hasil dari ketercapaian tujuan pembelajaran

3.   Nilai pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik pada saat kegiatan pembelajaran

4.   Hasil survey dan wawancara yang dilakukan

 

 




Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. SMK NEGERI 1 WIROSARI - All Rights Reserved

Published By TIM TI SMK N 1 Wirosari | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger