Nama : Sunarti, S.Pd.
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta didik Dalam Pembelajaran
Lokasi | SMK N 1 Wirosari |
Lingkup Pendidikan | Sekolah Menengah Kejuruan |
Tujuan yang ingin dicapai | Memantik kreatifitas menulis teks deskripsi pakaian adat jawa dengan aplikasi Canva dalam model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Peserta Didik kelas XII APHP 1 Tahun Pembelajaran 2022/2023 |
Penulis | Sunarti |
Tanggal | 5 Agustus 2022 |
Situasi: Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
| · Pada abad 21 kompetensi yang harus dimiliki peserta didik yaitu berpikir kritis dan menuntaskan masalah (critical thingking) . kreatifitas (creatifity), keahlian komunikasi (communication), serta keahlian untuk peningkatan kreatifitas dalam menulis teks. Maka guru sebagai pendidik perlu menerapkan pembelajaran yang dapat memfasilitasi, serta dapat mengoptimalkan kemampuan dalam menulis teks. · SMKN1 Wirosari terutama kelas XII APHP 1 ini sangat rendah kemampuan menulis dengan kreatifitas di Canva hal tersebut disebabkan oleh : a. Guru masih mendominasi dalam pembelajaran, peserta didik pasif dan guru lebih banyak aktif b. Dalam kerja kelompok banyak peserta didik menggantungkan pada peserta didik yang aktif c. Kurangnya kreatifitas peserta didik dalam menulis teks d. Kurang terbiasanya peserta didik dalam menulis teks deskripsi dengan aplikasi Canva · Praktik ini penting untuk dibagikan karena :
6. Praktik ini dapat memberikan dampak yang besar dalam proses pembelajaran seperti peserta didik menjadi lebih aktif dan terlibat dalam berbagai kegiatan · Saya sebagai guru mempunyai peran dan tanggung jawab dalam praktik ini, yaitu: 1. Membuat RPP sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. 2. Memilih model, metode, dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang sedang diajarkan. 3. Melakukan proses pembelajaran ini secara efektif dengan menggunakan metode, media dan model pembelajaran yang inovatif sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan tujuan pembelajaran bisa tercapai sesuai yang diharapkan. 4. Melakukan penilaian secara menyeluruh baik terhadap proses maupun hasil pembelajaran. |
Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
| · Beberapa hal yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan ini dari aspek peserta didik yaitu : 1. Peserta didik cenderung kerja kelompok dengan teman baik dan tidak mau dengan teman lain 2. Beberapa peserta didik menggantungkan hasil kerja kelompok pada peserta didik yang aktif 3. Peserta didik dikhawatirkan mencontek hasil karya menulis teks deskripsi dari internet ( bukan karyanya sendiri) 4. Peserta didik kurang kreatif dalam penggunaan Canva untuk hasil karyannya. · Beberapa hal lain yang juga menjadi tantangan untuk mencapai tujuan ini yakni dari aspek guru dan juga sekolah adalah: 1. Faktor guru dalam pemilihan materi ajar yang dekat dengan kehidupan peserta didik sehari - hari. 2. Faktor guru dalam pemilihan dan penggunaan media ajar 3. Penggunaan model pembelajaran yang relevan dan inovatif 4. Guru memerlukan waktu dalam menyusun RPP dan perangkat ajar lainnya. 5. Guru harus belajar lebih kreatif dalam pembuatan teks dekripsi dengan Canva Tantangan ini tentunya harus mampu dihadapi dan dilewati oleh guru dengan berbagai cara seperti menggunakan model pembelajaran Project Based Learning Penggunaan sumber belajar atau materi yang tepat dan terkait dengan kehidupan sehari-hari ( menuliskan teks deskripsi pakaian adat jawa bisa menjadikan peserta didik terampil,kreatif ketika menghadapi dalam penulisan teks deskripsi dengan tema apapun, sehingga penggunaan pengamatan langsung bisa menjadikan ispirasi dalam menulis serta penggunaan Canva dalam menuliskan hasil teks deskripsi bisa menambahkan kreatifitas peserta didik dan penggunaan metode, pendekatan dan tehnik pembelajaran yang variatif dan menyenangkan serta melibatkan peserta didik secara aktif. · Yang terlibat pada Praktik dikelas ini adalah: 1. Peserta didik kelas XII APHP 1 yang berperan sangat penting dalam proses pembelajaran 2. Guru sebagai fasilitator, motivator dan penilai 3. Rekan sejawat yang membantu terlaksananya kegiatan ini |
Aksi : Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
| 1. Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut ? Jawaban : langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan mencapai tujuan menerapkan model project based learning adalah dalam menerapkan sintak PjBL dalam RPP sebagai berikut : Fase 1 Pengenalan masalah a. Guru memberikan materi PPT menulis teks deskripsi pakaian adat Jawa (TPACK) b. Peserta didik melakukan tanya jawab terhadap materi yang diajarkan Fase 2 Mendesain Perancanaan Projek a. Guru memberikan demonstrasi contoh secara langsung menulis teks deskripsi pakaian adat Jawa dipapan tulis b. Ice breaking konsentrasi belajar c. Guru dan peserta didik membicarakan tata cara menulis teks deskripsi pakaian adat Jawa sesuai kaidah yang benar d. Peserta didik melakukan pengamatan langsung (objek barang) yang dibawa berupa pakaian adat jawa seperti beskap, kebaya dan lainnya Fase 3 Menyusun Jadwal Projek a. Guru memfasilitasi jadwal diskusi peserta didik untuk membahas menulis teks deskripsi pakaian adat Jawa sesuai kelompok masing masing b. Peserta didik melakukan diskusi untuk menentukan setiap kelompok yang maju untuk presentasi,yang menjadi moderator presentasi,yang menulis teks deskripsi, yang membuat tulisan teks deskripsi dengan Canva (TPACK) c. Peserta didik melakukan diskusi menentukan jadwal untuk pelaksanaan pembuatan menulis teks deskripsi dan presentasi produk hasil menulis teks deskripsi yang telah dibuat. Fase 4 Pelaksanaan dan Monitor Kemajuan Projek a. Guru membagikan LKPD kepada setiap kelompok yang berisi tugas projek sesuai dengan tagihannya dan guru memonitor setiap kelompok apabila ada kesulitan b. Fase 5 Menguji Hasil ( Assess the Outcome) a. Peserta didik beserta kelompoknya di setiap kelompok membacakan atau mempresentasikan hasil karya teks tertulis deskripsi pakaian adat Jawa yang telah dibuat didepan kelas b. Peserta didik dari kelompok lain bisa memberikan saran dan kritik dari setiap kelompok yang sudah maju Fase 6 Mengevaluasi Pengalaman Guru memberikan evaluasi setiap kelompok yang telah melakukan presentasi.
2. Strategi yang digunakan Strategi pembelajaran yang digunakan adalah menggunakan model pembelajaran project based learning dengan pengerjaan proyek penyajikan hasil tulisan teks deskripsi pakaian adat jawa hasil karya kelompok, presentasi membacakan geguritan hasil kerja kelompok (perwakilan tiap kelompok). Menerapkan TPACK setelahnya yaitu hasil tulisan menulis teks deskripsi di LKPD dibuat di aplikasi Canva dengan sekreatif mungkin dan bisa dishare ke medsos sehingga bisa menambah umpan balik bagi peserta didik. 3. Bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat? a) Proses awal peserta didik diskusi menulis teks deskripsi pakaian adat jawa hasil karya tiap kelompok. Setelah itu diskusi selanjutnya tiap kelompok dalam menulis teks deskripsi pakaian adat jawa melalui pengamatan langsung barang serta menentukan siapa yang maju untuk membacakan atau mempresentasikan hasil karyanya,moderator, penulis di LKPD dan mengetik di aplikasi Canva. Kemudian hasil karya teks deskripsi pakaian adat jawa dalam 3 paragraf yang sudah dibuat sekreatif mungkin bisa dishare di medsos sebagai umpan balik bagi peserta didik. b) Siapa saja yang terlibat dari proses tersebut adalah · Peserta didik kelas XII APHP 1 yang saya jadikan murid dalam proses pembelajaran. 4. Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini ? A. Bahan ajar 1) Buku Prigel Basa Jawa Kelas XII 2) Sumber dari internet 3) PPT materi menulis teks deskripsi pakaian adat jawa
|
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
| 1. Dampak dari aksi langkah-langkah yang dilakukan? Dampaknya yaitu : a. Peserta didik mampu berkolaborasi dengan baik , walaupun kelompok ditentukan oleh guru b. Peserta didik mampu bekerjasama dan aktif bersama teman 1 kelompok pilihan guru c. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi pakaian adat jawa hasil karyanya sendiri sesuai dengan 4 aspek kreteria penilaian walaupun belum maksimal d. Peserta didik mampu membuat proyek hasil karyanya sendiri dari menulis teks deskripsi pakaian adat jawa. e. Peserta didik mampu menyajikan hasil proyek kelompok yaitu mempresentasikan hasil karyanya dengan apliaksi Canva didepan kelas dengan kaidah yang runtut,lancar dan memakai bahasa ngoko alus 2. Apakah hasilnya efektif? Penerapan model pembelajaran PjBL sangat efektif dalam memantik kreaatifitas menulis teks deskripsi dengan pengamatan langsung barang pakaian adat jawa,sehingga hasil karya sendiri peserta didik serta menumbuhkan kreatifitas peserta didik dalam menulis teks yaitu menggunakan aplikasi Canva 3. Penyebab keberhasilan strategi yang dilakukan? Media ajar, bahan ajar, kegiatan pembelajaran, guru yang aktif dalam membimbing peserta didik untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam kelompok untuk menyelesaikan projek menulis teks deskripsi pakaian adat jawa 4. Pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut adalah a) Guru lebih menarik dalam menyampaikan pembelajaran b) Peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran c) Peserta didik aktif mengajukan pendapat d) Peserta didik lebih percaya diri dalam menyajikan hasil karyanya sendiri serta mengemukan ide dan gagasan bahkan solusi dalam menyelesaikan masalah yang disajikan e) Peserta didik lebih kreatif dalam menulis diera digital yaitu melalui apliaksi Canva |
Kesimpulan model pembelajaran projek based learning (PJBL) | Model pembelajaran projek based learning (PjBL) lebih efisien dalam memantik kretifitas peserta didik belajar melalui menulis teks deksripsi pakaian adat jawa melalui aplikasi Canva sehingga ketika pada waktu proses kognitif peserta didik bisa mencipta/mengkreasi ( Taksonomi bloom C6) sehingga pada waktu pembelajaran peserta didik lebih aktif dan ada produk hasilnya |
Daftar Pustaka
| Yunizha V.2023.Project Based Learning, Pembelajaran yang Menghasilkan Solusi Terbaik( Journal). Jakarta: hal 1-3 https://www.ruangkerja.id/blog/project-based-learning- Fitriya, S.A.S.Pd. 2022.REFLEKSI DALAM PEMBELAJARAN METODE PROJECT BASED LEARNING (PJBL).Surabaya:hal 1-2
|
Posting Komentar