Gelar Karya Siswa dan Market Day Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sukses Digelar di SMK Negeri 1 Wirosari

17 Juli 2023 0 komentar

 















Wirosari, 22 Juni 2023 - Acara Gelar Karya Siswa dan Market Day Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang diselenggarakan di Lapangan Utama SMK Negeri 1 Wirosari pada hari Kamis, 22 Juni 2023, berjalan dengan sukses. Acara ini merupakan puncak dari serangkaian kegiatan P5 (Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Dalam acara ini, SMK Negeri 1 Wirosari memilih tiga tema sebagai fokus kegiatan selama 2 semester. Tema-tema tersebut adalah "Bangun Jiwa dan Raganya", "Kearifan Lokal", dan "Kebekerjaan". Setiap tema memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi kemampuan dan kreativitas mereka.

Pada tema pertama, "Bangun Jiwa dan Raganya", siswa dituntut untuk menampilkan senam kreasi yang disertai dengan lagu pelajar pancasila. Kegiatan ini berlangsung selama 2 minggu, dengan minggu pertama digunakan untuk latihan di kelas yang didampingi oleh guru, dan minggu kedua diadakan penampilan sebanyak 76 kelompok secara bergantian di Aula SMK Negeri 1 Wirosari.

Sementara itu, pada tema kedua, "Kearifan Lokal", siswa diberikan tugas untuk membuat batik.  Dalam semangat untuk menciptakan batik terbaik versi mereka, siswa bekerja keras selama 2 minggu penuh. Berbagai kreasi batik berhasil diciptakan para siswa dengan bimbingan langsung dari pemilik batik yang cukup terkenal di kabupaten Grobogan, yaitu batik Sekartaji.

Tema ketiga, yang merupakan tema wajib bagi jenjang SMK, adalah "Kebekerjaan". Pada tema ini, dilaksanakan gelar karya untuk menampilkan karya terbaik siswa. Acara gelar karya ini menjadi semakin meriah karena juga menjadi momen penerimaan raport, di mana orang tua dan wali siswa dapat menyaksikan penampilan anak-anak mereka.

Acara ini dihadiri oleh beberapa tokoh penting, termasuk Kapada Cabang Dinas Wilayah IV, Bapak Budi Santosa, S.Pd, M.Pd, M.Si, Ibu Kasi SMK, Bapak Capat, Bapak Lurah, Polsek, polres, serta kepala SMA/SMK di sekitar Wirosari. Keberadaan mereka dalam acara ini memberikan semangat dan dukungan kepada siswa dan guru dalam menjalankan kegiatan P5.

Acara ini juga berhasil memeriahkan suasana dengan kehadiran banyak UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dari sekitar lingkungan SMK Negeri 1 Wirosari yang mendirikan stan pameran. Hal ini memberikan kesempatan bagi siswa dan masyarakat sekitar untuk berinteraksi langsung dengan para pelaku usaha lokal.

Berbagai atraksi dan pertunjukan juga turut mengisi acara tersebut, antara lain tari gambyong, senam kreasi, fashion show, barongan, pembacaan puisi dalam bahasa Inggris, tilawah Al-Qur'an, pencak silat, dan Solo Organ. Semua pengisi acara tersebut sukses memukau penonton dengan penampilan mereka yang memukau.

Dengan meriahnya acara ini, siswa dan guru SMK Negeri 1 Wirosari terlihat sangat antusias mengikuti setiap kegiatan yang telah dipersiapkan. Acara Gelar Karya Siswa dan Market Day Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini diharapkan dapat menjadi momentum yang berharga bagi pengembangan potensi siswa dan kebanggaan bagi sekolah dan masyarakat sekitar.

 




Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. SMK NEGERI 1 WIROSARI - All Rights Reserved

Published By TIM TI SMK N 1 Wirosari | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger